Ilustrasi Rangkaian Gir Rasio Transmisi motor matik. (Foto: motorplusonline.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kendaraan motor matik di Indonesia populasinya terus berkembang pesat. Hingga kini, motor yang tidak mempunyai “gigi” ini sudah mencapai 95 persen dari total pangsa motor di Tanah Air.

Dengan begitu, masih banyak pengguna yang jarang merawat kendaraan matik mereka dengan baik meski perawatan kendaraan matik terbilang mudah dilakukan.

Terdapat beberapa cara agar kendaraan matik Anda tetap prima saat digunakan. Hal ini harus dilakukan secara rutin agar pemilik kendaraan tidak perlu mengganti girboks yang cukup mudah rusak.

1. Bersihkan Girboks secara Rutin

Para pemilik kendaraan disarankan untuk terbiasa menjaga kebersihan dari girboks itu sendiri. Girboks juga disarankan untuk tetap dalam keadaan kering selama penggunaan. Hindari debu-debu yang menempel pada bagian tertentu.

2. Rawat Komponen CVT

Kehadiran girboks pada motor tidak bisa dipisahkan dengan adanya komponen CVT. Keduanya memiliki peran yang cukup penting untuk performa dari kendaraan itu sendiri.

Untuk melakukan perawatan, sebaiknya pemilik harus rajin-rajin membersihkan agar terhindar dari banyaknya debu yang menempel dan juga kotoran lain agar lebih tahan lama digunakan.

3. Pelumas

Tidak sedikit pengguna sepeda motor matik melupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam perawatan pada bagian girboks. Sama halnya dengan mesin, girboks juga membutuhkan perawatan rutin, seperti servis dan penggantian oli gardan secara berkala.

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

BACA JUGA  Cara Merawat V-belt Motor Matik agar Tetap Awet

LEAVE A REPLY