Petugas medis sedang menganalisa hasil swab antigen di dalam mobile PCR unit (foto: Romy)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar laboratorium (lab) untuk tes PCR tidak hanya tersedia di ibukota provinsi saja, tapi juga bisa ditambah hingga ke tingkat kabupaten/kota.

Luhut dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Vaksinasi bersama Menteri Kesehatan dan para ahli epidemologi dari sejumlah universitas di Indonesia secara daring, Rabu, mengatakan hal itu perlu dilakukan seiring dengan digalakkannya upaya 3T (Testing, Tracing dan Treatment) untuk menangani pandemi Covid-19.

“Pak Dante (Wakil Menteri Kesehatan) coba dicek dulu untuk lab PCR ini supaya jangan sampai 3T ini gagal hanya karena lab PCR-nya tidak cukup,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Ketersediaan lab PCR pada level kabupaten/kota, menurut Luhut, dapat sekaligus melengkapi kebutuhan rumah sakit di daerah.

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu juga meminta agar upaya 3T bisa dilakukan untuk melacak hingga minimal ke lima orang yang memiliki kontak erat dengan penderita Covid-19.

Lebih lanjut, Luhut juga mengarahkan peserta rapat untuk melihat keadaan di lingkungan masing-masing terkait pelaksanaan testing, tracing, dan treatment.

Selain itu, dia juga meminta Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengejar target vaksinasi sampai dengan 2 juta dosis per hari.

BACA JUGA  Luhut Minta Menkes Tingkatkan Vaksinasi hingga 1 Juta per Hari

LEAVE A REPLY