Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Unsplash/@sickhews)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ibu menyusui yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebenarnya bisa tetap aman memberikan ASI pada bayinya asalkan tak abai menerapkan protokol kesehatan.

Pakar nutrisi UNICEF Indonesia, Sri W Sukotjo atau akrab disapa Ninik, mengatakan bahwa berbagai studi menunjukkan seorang ibu yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap aman menyusui. Karena, virus SARS-CoV-2 tidak terdeteksi di dalam ASI dan bayi memiliki risiko rendah terkena infeksi virus itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF sejak Maret 2020 terus menggaungkan pentingnya menyusui pada masa pandemi termasuk pada para ibu yang terkena Covid-19.

Di sisi lain, manfaat menyusui itu tergolong besar dibandingkan potensi risiko penularan antara lain mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan.

“Jadi, sebetulnya tidak ada alasan untuk menghindari atau berhenti menyusui pada masa pandemi termasuk mereka yang terkonfirmasi positif,” katq Ninik dalam konferensi pers daring bertajuk “Perlindungan Menyusui Tanggung Jawab Bersama” yang digelar AIMI, Rabu (28/7/2021).

Ninik menambahkan, saat menyusui ibu tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker medis dengan tepat lalu menggantinya berkala, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari memegang mata dan hidung, membersihkan dan mendisinfeksi permukaan benda yang sering disentuh ibu.

“Protokol ini hendaknya betul-betul harus dipatuhi saat menyusui,” kata dia.

BACA JUGA  Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Tinggi! Positif Harian Bertambah 47.791, Kematian 1.824

LEAVE A REPLY