Ilustrasi langkah mudah merawat mobil di rumah. (Foto: Getty Images)

ZNEWS.ID JAKARTA – Selama pemberlakuan PPKM level 4, banyak kendaraan yang hanya terparkir di dalam garasi. Meski begitu, para pemilik kendaraan harus tetap merawat mobil agar prima saat dikendarai.

Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, mengungkapkan bahwa meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu lama, mobil tetap memerlukan perhatian dan perawatan dari pemiliknya.

“Beberapa metode dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah, dengan tujuan mengisi waktu melalui kegiatan positif. Sekaligus, bermanfaat bagi penampilan dan kesehatan kondisi mobil itu sendiri,” ungkap Hariadi dalam keterangan resminya, dikutip dari Antara, Senin (26/7/2021).

Berikut sembilan tips yang dapat dilakukan untuk merawat mobil dengan mudah di rumah:

1. Memanaskan Mesin secara Teratur

Mobil memiliki banyak komponen yang bagiannya harus selalu terlumasi dengan baik, terutama bagian mesin. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara rutin satu kali selama rentang beberapa hari.

“Kegiatan ini juga dapat dilakukan sambil memastikan keadaan lain pada mobil, baik seperti suara maupun getaran yang ditimbulkan tidak terdeteksi kejanggalan dari kondisi normal,” jelas Hariadi.

2. Periksa Kebersihan Area Ruang Mesin

Meskipun sudah dilengkapi kap mesin sebagai bagian pelindung area ruang mesin, sering kali kita dapati adanya kotoran atau benda asing yang masuk ke dalamnya, seperti daun kering, kotoran hewan, maupun sampah lain.

BACA JUGA  6 Hal yang Harus Diperhatikan pada Ban saat Musim Hujan

LEAVE A REPLY