Ilustrasi. Bansos bagi masyarakat (Antara)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemerintah mempercepat penyaluran Bantuan Perlindungan Sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, bantuan tersebut sudah mulai diberikan.

“Bantuan-bantuan sosial tunai dan non-tunai sudah mulai tersalurkan kepada masyarakat. Program-program bantuan sosial tunai, seperti melalui Program Keluarga Harapan (PKH), sudah mulai disalurkan lewat Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Johnny dalam keterangan pers, dikutip Jumat (23/7).

Penyaluran tersebut terus dilakukan dan akan dipercepat dengan mengurai kendala dan meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah.

Program Bantuan Sosial Nontunai saat ini sudah mulai disalurkan melalui Perum BULOG dan Kementerian Sosial. Menurut Johnny, realisasi bantuan nontunai sejauh ini relatif baik.

“Pemerintah terus berkomitmen untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial ini kepada masyarakat yang membutuhkan. Hambatan pelaksanaan yang selama ini ada sudah mulai terurai dengan sinergi yang baik antar berbagai pihak di pusat maupun daerah,” kata Johnny.

Di DKI Jakarta, dikatakan Johnny, bantuan nontunai sudah mencapai 900 ribu penerima manfaat, sementara di Banten, realisasi program mencapai 90 persen.

“Pemerintah akan terus memonitor penyaluran bantuan sosial sehingga bisa sampai ke masyarakat secara tepat dan cepat,” kata Johnny.

BACA JUGA  Mensos Ancam Polisikan Penyalur Bansos Tak Transparan

LEAVE A REPLY