Iustrasi diet pescatarian. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Diet pescatarian belakangan kembali populer. Pescatarian adalah istilah yang disematkan pada seseorang yang mengonsumsi ikan dan makanan laut dalam menu vegetariannya.

Ada banyak alasan orang memilih untuk tidak makan daging dan unggas, tetapi tetap makan ikan. Beberapa orang memilih untuk menambahkan ikan ke dalam pola makan vegetarian sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari pola makan nabati plus ikan yang menyehatkan jantung.

Apa itu Pescatarian?

Mengutip Healthline, sederhananya, pescatarian adalah seseorang yang tidak makan daging, namun tetap makan ikan. Istilah pescatarian diciptakan pada awal 1990-an dan merupakan kombinasi dari kata Italia untuk ikan, “pesce,” dan kata “vegetarian”. Kadang-kadang dieja dengan “pescetarian” tetapi artinya sama.

Dalam literatur ilmiah, diet ini sering digambarkan sebagai “pesco-vegetarian” dan dikelompokkan ke dalam spektrum vegetarianisme. Menurut definisi tersebut, pescatarian adalah seseorang yang memilih untuk makan vegetarian, tetapi juga makan ikan dan makanan laut lainnya.

Ini adalah pola makan nabati yang sebagian besar berupa biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak sehat di mana makanan laut memainkan peran kunci sebagai sumber protein utama.

Banyak pescatarian juga minum susu dan makan telur. Sama seperti diet vegetarian yang bisa sangat bervariasi, begitu juga dengan diet pescatarian.

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa pola makan nabati memiliki manfaat termasuk risiko obesitas dan penyakit kronis yang lebih rendah seperti penyakit jantung dan diabetes.

BACA JUGA  Panen Perdana Petani Mina Padi Binaan Dompet Dhuafa Yogyakarta

LEAVE A REPLY