Ilustrasi tips agar anak tetap ceria di masa pandemi. (mamaandbabylove.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pandemi telah memaksa anak-anak untuk terus berkegiatan di dalam rumah saja. Mulai dari belajar, bermain, bahkan bersosialisasi. Hal tentu membuat anak menjadi bosan dan menyebabkan mereka murung tak lagi ceria.

Terkait dengan hal ini, Konsultan Tumbuh Kembang Anak, dokter spesialis anak Soedjatmiko dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mengatakan bahwa setidaknya ada empat hal dasar yang harus orang tua jaga agar anak tetap ceria dan sejalan, serta mendukung tema Hari Anak Nasional (HAN) 2021 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Ada pun empat hal itu adalah nutrisi, stimulasi, proteksi, dan evaluasi yang keempatnya harus terpenuhi sehingga dapat menghasilkan tumbuh kembang anak yang optimal.

“Pertama ini nutrisi, asupan makanan dan minuman ini penting. Nutrisi ini termasuk juga perlindungan untuk mencegah anak terpapar Covid-19. Berikan asupan nutrisi terbaik untuk si kecil. Untuk yang masih menyusui tentu ASI itu perlu, ya. Berikan ASI kepada bayi secara eksklusif. Berikan nutrisi yang tepat agar otak anak atau hardware- nya bisa bekerja dengan maksimal,” kata Soedjatmiko dalam konferensi pers virtual, dilansir dari Antara, Kamis (22/7/2021).

Nutrisi yang baik untuk anak di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini di antaranya adalah protein, serat, hingga vitamin. Makanan yang bisa diberikan seperti ikan, ayam, kacang kedelai, kacang tanah, buah- buahan, hingga sayur- sayuran hijau.

Dokter yang tergabung juga dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu selanjutnya menjelaskan hal kedua yang perlu diperhatikan oleh orang tua dan wajib terpenuhi adalah stimulasi. Jika nutrisi adalah hardware, maka stimulasi adalah software yang mampu mengaktifkan fungsi dan kinerja otak. Semakin banyak stimulasi yang diberikan tentunya kinerja otak dapat maksimal.

BACA JUGA  Nutrisi Tepat untuk Sahur dan Buka Puasa

Stimulasi ini merupakan kegiatan yang bisa mengoptimalkan kinerja tubuh anak untuk merespons dan bertindak. Hal yang paling mudah dilakukan untuk menstimulasi anak adalah orang tua mengajak anak bermain setiap hari atau lewat pemberian pujian untuk pencapaian yang dilakukan oleh anak.

LEAVE A REPLY