Ilustrasi: THK Kurban Dompet Dhuafa Jawa Timur sembelih 110 ekor kambing dan seekor sapi di mitra ternak Kembeng Makmur, Desa Awar-awar, Asembagus, Situbondo, pada Minggu (2/8/2020). (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Secara bahasa, kurban memiliki makna memotong atau menyembelih hewan pada Hari Raya Idul Adha. Sedangkan dalam Qur’an surah Al-Hajj ayat 34, kurban dilakukan dengan menyembelih hewan ternak tertentu seperti unta, sapi, kambing, kerbau, domba, dan lembu. Ibadah kurban diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam surah Al-Kautsar ayat 108 Allah SWT berfirman, “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” Pada ayat ini, perintah kurban bersanding dengan perintah salat, yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim.

Apakah nilai ibadah berkurban menjadi ‘sama’ wajibnya seperti salat? Berikut ini adalah hukum berkurban menurut emam Imam Mazhab yang perlu diketahui.

  • Mazhab Imam Hanafi

Mazhab Hanafi didirikan oleh Imam Abu Hanifah. Walaupun menjadi Mazhab yang paling tua usianya, Mazhab Hanafi terkenal sebagai mazhab yang paling terbuka dengan ide modern.

Dalam hukum berkurban, Imam Hanafi berpendapat bahwa apabila seseorang yang mampu secara finansial, maka diwajibkan baginya untuk berkurban. Mampu dalam ukuran, memiliki kekayaan minimal sebesar 200 dirham, atau kekayaan harta yang dimiliki telah mencapai nisab zakat.

Jika seseorang yang telah memiliki harta yang berlebih, namun tidak berkurban, maka orang tersebut telah berdosa karena meninggalkan ibadah wajib. Hal ini berdasar hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah yang berbunyi, “Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda: Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami.”

Berkurban menjadi wajib hukumnya apabila memiliki kemampuan secara harta. Namun, menurut sebagian ulama Mazhab Hanafi, Seperti Abi Yusuf dan Muhammad, hukum berkurban adalah sunah muakad. Yaitu, amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk menyempurnakan ibadah.

BACA JUGA  Cara Mudah dan Cepat Menghafal Alquran untuk Pemula

LEAVE A REPLY