Ilustrasi mengurus rumah tanpa ART untuk working parents. (Foto: thethinkingmuslim.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Bagi suami istri yang sama-sama bekerja (working parents), mengurus rumah tangga tanpa asisten rumah tangga (ART) merupakan tantangan tersendiri. Ayah maupun bunda memang bisa terbantu dengan adanya ART karena tidak perlu pusing melakukan pekerjaan seperti menyapu, mengepel, ataupun mencuci baju.

Namun, tanpa menggunakan jasa ART, ayah dan bunda bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk operasional di rumah. Berikut lima tips untuk ayah dan bunda yang bekerja tapi ingin tetap mengurus rumah tangganya tanpa ART, dilansir dari Antara, Selasa (22/6/2021).

1. Belanja Bulanan Daring

Belanja bulanan daring menjadi solusi pertama yang bisa dilakukan keluarga tanpa ART. Jika dengan ART, biasanya kegiatan belanja keperluan sehari-hari dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan jasa aplikasi daring untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, Anda sudah bisa mengganti keberadaan ART dalam hal menyediakan keperluan di rumah.

Jangan lupa cek bagian promosi di aplikasi belanja daring agar dapat lebih menghemat pengeluaran dengan potongan atau penawaran lainnya. Berberlanja daring juga menjadi salah satu cara tetap menjaga jarak dari kerumunan di tengah pandemi Corona.

2. Bagi-Bagi Tugas

Jangan lupa melakukan manajemen pembagian tugas sehingga tidak hanya satu pihak yang mengurus keperluan rumah tangga. Keduanya harus ikut terlibat dalam menata rumah tangga.

Tidak hanya pasangan, tugas rumah tangga juga perlu dibagi kepada anak jika keluarga sudah memiliki anak. Jangan lupa, berikan penghargaan untuk anak yang sudah dengan tepat mengerjakan tugasnya membantu menata rumah.

BACA JUGA  PPKM Darurat Bisa Jadi Momentum Ciptakan Keharmonisan Rumah Tangga

LEAVE A REPLY