Ilustrasi peredam suara pada mobil. (Foto: Antara News/Kia)

ZNEWS.ID JAKARTA – Suara bising di dalam kendaraan akibat getaran kerap membuat pengendara dan penumpang tidak nyaman. Kini, hal itu bisa dicegah dengan membuat peredam. Bahkan, Anda dapat membuatnya sendiri.

Berikut cara membuat peredam dalam kabin dikutip dari laman resmi Auto2000, Senin (21/6/2021):

1. Memasang Busa Peredam Suara di Lantai Kendaraan

Lantai mobil Anda memiliki luas permukaan yang sangat luas serta paling dekat dengan roda dan axle roda kendaraan. Artinya, getaran berjalan langsung menuju lantai mobil yang menciptakan banyak kebisingan di dalam mobil.

Cara terbaik untuk meminimalkan getaran yang mengalir adalah dengan meletakkan alas peredam suara atau busa pelindung. Benda ini akan menyerap getaran dari lantai dan secara signifikan mengurangi kebisingan jalan.

“Banyak orang hanya menutupi area pengemudi dan penumpang depan saja. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda juga harus menutupi area belakang dan bagasi mobil jika memungkinkan,” tulis Auto2000 dalam laman resminya.

2. Lindungi Pintu Mobil Anda dengan Insulasi

Banyak mobil memiliki pintu yang sangat tipis dengan sekat yang minimal, seperti hanya ada rongga kosong di dalamnya. Mengisolasi pintu akan dapat memberikan dampak yang besar pada volume kebisingan di dalam kendaraan Anda. Untuk menginsulasi pintu, pertama-tama Anda perlu melepas panel bagian dalam.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari dan membuka semua sekrup di bagian dalam pintu kendaraan yang akan mengekspos bagian dalam pintu. Ukur seberapa banyak insulasi yang dibutuhkan, selanjutnya pasang insulasi pilihan Anda.

BACA JUGA  5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil

LEAVE A REPLY