Bek Belanda Denzel Dumfries (tengah) menjadi kemenangan 3-2 Belanda atas Ukraina dalam laga Grup C Piala Eropa 2020 di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, 13 Juni 2021. (AFP/OLAF KRAAK)

ZEWS.ID, JAKARTA – Drama lima gol yang tercipta pada babak kedua dan diakhiri dengan gol dari sundulan bek Denzel Dumfries memastikan Belanda sebagai pemenang pertandingan Grup C Euro 2020 melawan Ukraina dengan skor 3-2 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (14/6/2021) dini hari WIB, .

Georginio Wijnaldum memecahkan kebuntuan pada menit ke-52 yang tujuh menit kemudian digandakan oleh Wout Weghorst. Namun, kemudian disamakan oleh dua gol dari Andriy Yarmolenko dan Roman Yarmechyj yang tercipta dalam kurun dua menit pada menit ke-75 dan 79. Dumfries akhirnya mengantarkan Belanda menang lewat golnya pada menit ke-85.

Pertandingan ini berjalan sengit sejak kickoff meskipun tidak tercipta gol pada babak pertama.

Dumfries yang menjadi penentu kemenangan Belanda dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match dalam laga itu.

Manuver-manuver dia dari kanan lapangan kerap merusak pertahanan Ukraina sampai kiper Ukraina Georgiy Bushchan kebingungan mengantisipasi umpan silangnya sehingga membuat blunder yang dimanfaatkan dengan baik oleh Georginio Wijnaldum ketika Belanda memecah kebuntuan pada menit ke-52.

Tetapi kiprah terbesarnya adalah saat menciptakan gol ketiga Belanda yang menjadi penentu kemenangan Oranye dengan menyambut kiriman bola dari bek Nathan Ake setelah menempatkan diri pada posisi tepat di antara para pemain Ukraina yang menyangka dia berdiri offside.

Dumfries masih berusia 25 tahun dan bermain dalam posisi sama untuk klub Liga Belanda, PSV Eindhoven. Untuk pertama kali dalam karirnya, Dumfries menciptakan gol untuk timnas Belanda.

BACA JUGA  De Ligt Diganjar Kartu Merah, Belanda Disingkirkan Ceko

LEAVE A REPLY