Ilustrasi tabir surya. (Foto: snopes.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Beberapa tabir surya diformulasikan khusus untuk wajah untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit.

Dokter kulit di INTEGRIS, Kimberly Jerdan, mengatakan bahwa banyak tabir surya wajah yang diformulasikan agar terlihat, terasa kurang berminyak, dan seringkali lebih mahal daripada tabir surya tubuh. Padahal, label harga yang lebih tinggi tidak berarti perlindungan yang lebih baik.

Kimberly, seperti dikutip dari Insider, Minggu (13/6/2021), memberikan tips memilih tabir surya sesuai tipe kulit wajah, salah satunya yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) 30. Pastikan tertulis “spektrum luas” di botolnya, karena ini artinya tabir surya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

UVA maupun UVB dapat menyebabkan kanker kulit. Sinar UVA menyebabkan penuaan dini, seperti kerutan dan bintik matahari, karena menembus jauh ke dalam kulit dan dapat merusak kolagennya. Sementara sinar UVB terutama merusak permukaan kulit dan menyebabkan kulit terbakar.

SPF memberi sinyal berapa banyak radiasi UVB yang disaringnya. Tabir surya SPF 30 memblokir 97 persen sinar UVB matahari. SPF yang lebih tinggi hanya memberikan sedikit perlindungan tambahan dan perlu diterapkan sesering mungkin atau setidaknya setiap dua jam.

Selanjutnya, pilih tabir surya berdasarkan seberapa berminyak atau kering kulit Anda. Menemukan produk yang cocok untuk Anda mungkin memerlukan beberapa percobaan karena kulit setiap orang berbeda.

Pakar dermatologi, Joyce Park, menjelaskan bahwa jika kulit Anda berminyak atau berjerawat, sebaiknya cari produk berlabel non-komedogenik karena tidak akan menyumbat pori-pori. Sehingga, mengurangi risiko berjerawat.

BACA JUGA  8 Cara Efektif Hilangkan Minyak di Wajah

LEAVE A REPLY