Rumah sakit di Kota Afrin luluh lantak (Foto: Twitter Kementerian Pertahanan Turki/VOA)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Dua serangan artileri terpisah di Kota Afrin Sutriah Utara menghantam sebuah rumah sakit di kawasan tersebut dan menewaskan 13 orang tewas, Sabtu (12/6/2021) waktu setempat.

Dilansir Reuters, serangan pertama melanda daerah perumahan, sedangkan serangan kedua menghantam rumah sakit, kata sumber pertahanan sipil. Rekaman video di media sosial menunjukkan korban di tengah reruntuhan rumah sakit Al Shifa.

Pihak Turki yang juga bertanggung jawab atas keamanan di wilayah tersebut mengutuk serangan rudal yang dikatakan diluncurkan oleh milisi YPG Kurdi Suriah, meskipun Pasukan Demokratik Suriah (SDF), pasukan milisi yang didukung AS yang dipelopori oleh YPG Kurdi, mengatakan pihaknya tidak bertanggung jawab.

Kementerian pertahanan Turki, yang memiliki kehadiran militer besar di wilayah Suriah, juga menyebutkan jumlah korban tewas 13 orang dan mengatakan 27 orang terluka.

Kantor gubernur di provinsi Hatay Turki, yang berbatasan dengan Afrin, mengatakan sedang menyelidiki insiden di mana dikatakan bahwa rudal ditembakkan dari daerah Tel Rifat yang dikendalikan oleh pemerintah Suriah.

Turki menganggap YPG sebagai kelompok teroris yang terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di dalam perbatasannya sendiri, dan telah melancarkan serangan ke Suriah untuk mendukung pemberontak Suriah untuk mendorongnya dari perbatasan Turki.

Ankara sekarang memiliki ribuan tentara di daerah kantong pemberontak terakhir di Suriah.

 

Editor: Dhany

BACA JUGA  Korut Diduga Siap Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam

LEAVE A REPLY