Petugas mendistribusikan air bersih di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Tasikmalaya)

ZNEWS.ID, TASIKMALAYA – Warga di sejumlah daerah selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari karena mulai dilanda musim kemarau yang menyebabkan air sumur dan sumber air lainnya kekeringan.

“Memang di wilayah utara dan tengah masih ada hujan, tapi untuk selatan sudah tiga bulan tak turun hujan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Irwan, di Tasikmalaya, Jumat.

Ia menuturkan BPBD Kabupaten Tasikmalaya sudah mendapatkan informasi adanya sejumlah daerah yang dilanda bencana kekeringan akibatnya banyak warga kesulitan mendapatkan air bersih.

BPBD, kata dia, langsung bergerak untuk mendistribusikan air bersih ke daerah yang dilanda kekeringan, salah satunya beberapa desa di Kecamatan Cipatujah.

“Permintaan saat ini baru dari dua desa, dari Cikawungading dan Sindangkerta, sekarang kita masih salurkan,” kata Irwan.

Ia mengatakan pendistribusian air bersih itu melibatkan sejumlah instansi lain yang menerjunkan empat kendaraan tangki air dengan kapasitas 15 ribu liter air.

“Kita sudah siapkan empat unit kendaraan pengangkut air, kita juga bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, intinya kita akan terus suplai air bersih,” katanya.

BACA JUGA  Kemarau Tiba, 166.957 KK di Jawa Barat Terdampak Kekeringan

LEAVE A REPLY