Ilustrasi. (Foto: etahfizh.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Bergaul merupakan salah satu cara manusia untuk berinteraksi, Allah tidak melarang hamba hamba-Nya untuk saling berinteraksi. Dalam Islam, pergaulan sudah diatur dengan etika dan berbagai syariatnya.

Untuk lebih memahami pergaulan dalam Islam, mari kita simak 15 ayat Al-Qur’an tentang pergaulan dalam Islam.

1. Allah Menciptakan Manusia Beraneka Ragam

Allah dengan kuasa-Nya menciptakan manusia beraneka ragam, tidak ada dua orang yang mirip dalam segi apapun walaupun merupakan kakak adik atau saudara kembar. Allah menciptakan setiap hamba dengan berbagai keunikannya dengan tujuan untuk saling mengenal, saling toleransi dan menghargai, serta saling berinteraksi secara Islami.

  • QS Al Hujarat Ayat 13

“Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku supaya kamu saling kenal mengenal.”

2. Pergaulan secara Syariat Islam

Dalam Islam, diperbolehkan interaksi dengan cara Islami sesuai syariat yang telah diatur dalam Al-Qur’an dan hadis, interaksi hendaknya sesuatu yang membawa kepada kebaikan dan saling mengingatkan agar tidak terjerumus pada kemungkaran.

  • QS Ali Imran Ayat 104

“Hendaklah ada di antara kami segolongan yang menyeru kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan munkar. Itulah orang yang paling bahagia.”

3. Pergaulan dengan Orang Saleh

Ada pepatah yang mengatakan bahwa diri kita adalah teman kita. Kebiasaan atau tingkah laku seseorang dapat dilihat dari teman teman pergaulannya.

BACA JUGA  Menciptakan Generasi Emas Berdasarkan Al-Qur'an dan Sunah

LEAVE A REPLY