Ilustrasi bersepeda. (Foto: Porsche)

ZNEWS.ID JAKARTA – Peringatan Hari Sepeda Internasional 2021 pada 3 Juni ini yang ditetapkan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) sejak April 2018. Salah satunya berdasarkan pertimbangan pentingnya bersepeda bagi kesehatan dan kebugaran seseorang.

Bersepeda bahkan bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan atau gaya hidup untuk tetap aktif di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Agar Anda tetap bisa melakukan kegiatan ini secara aman, para pakar kesehatan mengingatkan Anda tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama mengenakan masker dan menjaga jarak selama bersepeda.

Dari sisi manfaat, kegiatan jenis aktivitas aerobik ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan dan kebugaran. Berikut sejumlah manfaatnya seperti dikutip dari Medical News Today, Kamis (3/6/2021).

1. Kesehatan Kardiovaskular

Banyak peneliti mencatat, bersepeda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Studi pada 2017, misalnya, menunjukkan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja meningkat fungsi kardiovaskularnya.

Mereka yang bersepeda juga berisiko 46 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan 52 persen lebih rendah meninggal akibat kondisi tersebut.

Hasil penelitian juga menunjukkan, selain meningkatkan kesehatan jantung, bersepeda juga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

2. Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi termasuk salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular pada beberapa orang. Beberapa ahli menyarankan aktivitas fisik seperti bersepeda sebagai terapi utama untuk mencegah kondisi ini.

BACA JUGA  Hadapi Pandemi, Presiden Jokowi: Ikhtiar, Doa dan Bersabar

LEAVE A REPLY