Gaun pengantin yang dikenakan Putri Diana saat pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 1981. (Foto: Dailymail.co.uk)

ZNEWS.ID JAKARTA – Gaun pengantin Putri Diana yang dikenakan saat menikah dengan Pangeran Charles pada 1981 merupakan salah satu busana yang sangat dirahasiakan dalam sejarah fesyen. Banyak orang yang penasaran ingin melihatnya.

Sampai-sampai, perancang David dan Elizabeth Emanuel mengunci gaun sutra warna gading dengan ekor hingga 7,6 meter itu di tempat penyimpanan pada malam hari. Bahkan, pasangan perancang itu meletakkan potongan-potongan perca kain lain di dalam tempat sampah studio.

Hal itu dilakukan untuk mengecoh siapa pun yang mencoba mengintip gaun tersebut. Seperti yang diceritakan di pameran fesyen kerajaan yang dibuka pada Kamis waktu setempat.

Pameran “Royal Style in the Making” di Orangery di Kensington Palace, rumah Diana, fokus kepada karya perancang yang tak cuma mendandani Diana, tetapi juga Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, dan Queen Mother.

Dihiasi dengan renda vintage, mutiara, dan ribuan manik-manik, gaun Diana adalah gaun pengantin kerajaan Inggris terpanjang yang pernah ada. Masih teringat di ingatan publik, gaun itu tampak kusut saat Diana keluar dari keretanya di Katedral St Paul. Untungnya, para desainer sigap merapikannya kembali.

“Kukira ini menunjukkan bahwa kita bisa merencanakan semuanya. Tapi, ada saja yang bisa terjadi. Gaunnya sangat besar. Keretanya sangat kecil,” kata kurator pameran Matthew Storey kepada reporter jelang pembukaan, dikutip dari AFP.

Dalam video di pameran, Elizabeth Emanuel mengingat Diana menelepon untuk memintanya dan David membuat gaun itu.

LEAVE A REPLY