Ilustrasi merawat bodi mobil. (Foto: Getty Images)

ZNEWS.ID JAKARTA – Setelah melakukan perjalan jauh dengan kendaraan kesayangan, ada baiknya kita memerhatikan kembali penampilan kendaraan dengan merawatnya secara mandiri.

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan kecerahan bagian body kendaraan agar nyaman ketika digunakan. Berikut enam tahapannya:

1. Cuci Bagian Luar Mobil hingga Bersih

Pemilik kendaraan perlu memastikan bahwa mobil yang dicuci sudah kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil. Termasuk kolong mobil, mengingat sudah masuk musim hujan. Bersihkan juga kotoran yangvmenempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat.

Periksa bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

2. Hilangkan Noda yang Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret.

Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesi

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi.

LEAVE A REPLY