Ilustrasi Palestina. (Reuters)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memastikan mendukung total pembangunan Palestina usai konflik dengan Israel. Kepastian itu disampaikan Direktur Timur Tengah, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Bagus Hendraning Kobarsyih.

Dia mengatakan, salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak swasta untuk memberikan bantuan kepada Palestina dalam berbagai bidang.

“Pemerintah dan swasta di Indonesia saling bersinergi untuk menjalin kemitraan dengan Palestina untuk turut serta membantu usaha kecil dan menengah di Palestina dalam sektor bisnis, pertanian, dan manufaktur,” ujarnya.

Bagus menyampaikan hal itu saat menghadiri kuliah umum virtual Universitas Al-Azhar Indonesia, Jumat (28/05/2021). Selain itu, Indonesia turut mendukung otonomi Palestina dengan memperkuat hubungan bilateral di berbagai bidang guna membangun kemitraan ekonomi.

“Palestina melaksanakan program peningkatan kapasitas bagi pemerintah dan masyarakat melalui seluran bilateral dan multilateral UNRWA dan ICBC,” ujar Bagus.

Ia memaparkan bahwa dukungan Indonesia untuk independensi Palestina yakni dengan cara tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, mendukung pengakuan internasional, dan mengawasi masalah Palestina sebagai perhatian Internasional.

“Indonesia mendukung pengakuan internasional dari PBB, NAM, OIC untuk Palestina,” kata Bagus.

BACA JUGA  AS Mulai Bahas Dukungan Terhadap Rencana Aneksasi Israel

LEAVE A REPLY