Ilustrasi kaki berkeringat. (Foto: dok/health.usnews)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sebagian orang merasa kakinya sangat berkeringat saat cuaca begitu panas. Kondisi ini bisa disebabkan sejumlah hal, salah satunya sepatu yang dipakai.

Pakar podiatrik di Step Up Footcare, New York, Nelya Lobkova, mengatakan bahwa kaki dan tangan cenderung berkeringat di musim panas, terutama bila Anda mengenakan sepatu atau sandal dengan bahan yang tidak dapat memungkinkan kulit bernapas.

“Saat memilih sepatu, sebaiknya pilihlah yang bagiannya terdapat jaring udara. Seringkali, sepatu atletik merupakan pilihan yang baik karena dirancang untuk meningkatkan aliran udara,” ujar Lobkova, dikutip dari Livestrong, Kamis (20/5/2021)

Alasan lain kaki berkeringat, Anda tak mengenakan kaus kaki. Apabila kaki Anda sangat berkeringat, Anda fokuslah mengenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan antilembap.

Hindari bertelanjang kaki dengan sepatu yang terbuat dari bahan penangkap panas (seperti kulit) karena Anda akan lebih banyak berkeringat.Selain itu, perhatikan kecukupan air minum Anda.

Hidrasi yang tepat membantu tubuh Anda tetap dingin. Apabila Anda tidak minum cukup air, tubuh akan berjuang untuk mengatur suhunya, mengakibatkan lebih banyak keringat.

“Coba pertimbangkan kemungkinan Anda mengalami hiperhidrosis. Katakanlah kaki Anda banyak berkeringat, dan sepertinya jauh lebih banyak daripada orang kebanyakan. Kita berbicara tentang jenis berkeringat yang menyebabkan ada jejak kaki basah di lantai,” kata dia.

BACA JUGA  Berkeringat meski Tak Berolahraga atau Kepanasan, Ini Penyebabnya

LEAVE A REPLY