Ilustrasi berdoa. (Foto: shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dalam kehidupan, manusia selalu dituntut untuk berikhtiar demi menggapai sesuatu. Usaha ini berupa tindakan dan doa. Tindakan merupakan aksi yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu. Sedangkan doa berarti memohon kepada Allah agar apa yang kita kehendaki dapat terkabul.

Sebagian manusia  berpendapat bahwa doa tidaklah berguna. Mereka mengatakan demikian karena menganggap bahwa seseorang yang berjuang dengan keras pasti akan mendapatkan apa yang diperjuangkan. Atau, bagi kelompok yang terlalu pasrah akan takdir Tuhan, menganggap bahwa doa pasti sia-sia karena semua telah ditetapkan Allah dan tertulis di Lauh al-Mahfuzh.

Pandangan seperti itu menurut Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Qur’an tentang Zikir dan Doa tidaklah tepat. Sesungguhnya manusia tidak akan pernah mengetahui pengetahuan dan kehendak Allah, sehingga mereka tetap dituntut berusaha dan berdoa.

Kemudian, manusia memiliki naluri untuk hidup dalam harapan. Dengan harapan yang didampingi doa, seseorang akan merasa lega dan tenang karena merasa bersama Allah Yang Maha Kuasa. Lantas, agar keinginan terkabul, perlu kita membaca doa ini setelah salat sunah.

Doa Salat Sunah Tahajud

Salat Tahajud merupakan salat yang sangat dianjurkan karena dikerjakan di waktu malam hari. Rasulullah SAW kerap melakukan salat malam ini yang menyimpan banyak anugerah. Di keheningan malam terdapat pengetahuan-pengetahuan yang masih rahasia tersingkap.

Serta, keruwetan akan terurai saat banyak orang terlelap. Ditambah lagi, QS Al-Isra ayat 79 menyebutkan bahwa orang yang melaksanakan salat tahajud akan diangkat di tempat terpuji.

‘’Pada sebagian malam, laksanakanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat terpuji.” QS Al-Isra’:79)

BACA JUGA  6 Amalan Utama 10 Hari Terakhir Ramadan

LEAVE A REPLY