Ilustrasi air mawar. (Foto: shutterstock/mythja)

ZNEWS.ID JAKARTA – Selama berabad-abad, keindahan mawar telah menjadi simbol cinta yang universal. Tidak hanya wujudnya saja, aroma mawar juga seringkali digunakan sebagai alat untuk relaksasi yang menghipnotis karena ada nuansa sensual dan menenangkan di saat yang bersamaan.

Tapi mawar tidak hanya cantik dan harum. Minyak dan air yang diekstrak dari mawar memiliki banyak manfaat kesehatan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan menutrisi kulit karena kaya vitamin dan mineral.

“Bahan-bahan turunan dari mawar membantu memulihkan dan menyeimbangkan kembali kulit yang rusak tanpa menyebabkan iritasi,” jelas ahli kecantikan Tammy Fender seperti dikutip dari Healthline pada Kamis.

“Minyak mawar membantu melindungi kulit, sedangkan air mawar dapat digunakan untuk membersihkan dan menenangkan,” kata Tammy.

Bulgaria, Turki, dan Maroko adalah produsen utama minyak esensial mawar di dunia. Komunitas mereka telah menggunakan mawar atas nama kecantikan dan perawatan diri selama berabad-abad.

Bentuk lainnya adalah minyak rosehip (dari buah tanaman mawar) yang sudah dipergunakan sejak berabad-abad yang lalu di Mesir, Indian, serta Maya. Minyak rosehip juga digunakan sebagai pengobatan karena kekuatan penyembuhannya.

“Minyak rosehip penuh dengan kandungan vitamin C dan asam lemak esensial, sehingga dapat meratakan warna kulit dan juga memberikan tampilan kulit yang segar,” jelas Shari Marchbein, MD, dokter kulit bersertifikat di Downtown Dermatology di Kota New York, Amerika Serikat dikutip dari Byrdie.

LEAVE A REPLY