Ilustrasi cara isi freon AC mobil. (Foto: phoenixtowingservice)

ZNEWS.ID JAKARTA – Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di masa libur Lebaran. Misalnya, merawat kebersihan kabin kendaraan hingga mengisi freon AC mobil agar lebih nyaman dan sejuk.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, freon merupakan senyawa kimia yang disebut juga refrigerant, bentuknya adalah gas yang dimanfaatkan menjadi fluida penyerap beban pendingin.

Ciri dari freon adalah tidak memiliki warna serta bau. Berikut langkah-langkah pengisian freon yang dapat dilakukan di rumah:

1. Kosongkan Sisa Freon

Pemilik kendaraan harus mengosongkan freon yang masih tersisa dalam AC agar tidak tercampur dengan yang lama agar kinerja ac lebih baik. Pemilik harus memasang manifold gauge atau manometer gauge yang merupakan alat untuk membaca tinggi atau rendahnya tekanan.

Untuk mengaplikasikan manifold, pemilik kendaraan yang ingin memasang freon AC harus menutup alat itu kemudian pasang selang tekanan rendah warna merah ke port S atau L kompresor AC.

Kemudian, selang yang bertekanan tinggi warna biru pada port H atau D di kompresor AC. Apabila sudah selesai, buka kran tekanan rendah dan tinggi hingga freon keluar.

2. Vakum Sisa Freon dan Bersihkan AC

Isi freon mungkin saja sudah habis. Tapi, Anda perlu menghilangkannya secara menyeluruh. Biasanya masih tersisa uap air pada sistem AC, ini juga perlu dihilangkan. Prosesnya membutuhkan mesin vakum dan membutuhkan waktu 15 menit.

LEAVE A REPLY