The Long March 5 Y-4 rocket, carrying an unmanned Mars probe of the Tianwen-1 mission, takes off from Wenchang Space Launch Center in Wenchang, Hainan Province, China July 23, 2020. (Foto: ANTARA/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kapal luar angkasa tak berawak berhasil dikirim Pemerintah Republik Rakyat Cina ke Mars untuk pertama kalinya. Melansir Reuters, Sabtu (15/5/2021), hal itu merupakan sejarah karena Cina menjadi negara kedua yang berhasil mendaratkan pesawatnya di Planet Merah itu.

“Kalian merupakan pemberani yang menerima tantangan itu, mengejar dan menjadikan negara kalian menjadi kebanggaan untuk eksplorasi luar angkasa. Pencapaian terhebat kalian ini akan selamanya menjadi memori bagi warga negara kita (Cina),” kata Presiden China Xi Jinping yang memberikan ucapan selamat pada setiap orang yang terlibat dalam misi itu.

Pesawat mulai meninggalkan orbitnya yang diparkir sekitar pukul 17.00 GMT pada Jumat (14/5/2021) atau setara dengan pukul 00.00 WIB.

“Modul pendaratan dipisahkan dari pengorbit tiga jam kemudian dan memasuki atmosfer Mars,” kata salah seorang pejabat dari Cina Space News.

Proses pendaratan itu disebut sebagai “sembilan menit teror” saat modul melambat dan kemudian perlahan turun. Waktu pendaratan resmi adalah 11.18 PM GMT atau pukul 19.18 WIB mengutip Administrasi Luar Angkasa Nasional Cina.

Setidaknya, penjelajahan luar angkasa itu membutuhkan lebih dari 17 menit untuk membuka panel surya dan antena dan mengirim sinyal ke pengontrol darat lebih dari 320 juta kilometer jauhnya.

Penjelajah itu bernama Zhurong, dan bertugas untuk mensurvei lokasi pendaratan sebelum berangkat dari peronnya untuk melakukan inspeksi. Zhurong dinamai dari mitologi Dewa api Cina, memiliki enam instrumen ilmiah termasuk kamera topografi resolusi tinggi.

BACA JUGA  India Blokir 118 Aplikasi Sebagian Besar Milik Cina

LEAVE A REPLY