Ilustrasi zakat. (Foto: zakat.or.id)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sesungguhnya zakat merupakan perkara penting dalam agama Islam sebagaimana salat lima waktu. Oleh karena itu, Allah SWT sering mengiringi penyebutan zakat dalam Al-Qur’an dengan salat agar kita tidak hanya memerhatikan hak Allah saja, tetapi juga hak sesama.

Saat ini, kesadaran kaum muslimin untuk menunaikan zakat kurang. Rukun Islam ini kerap dianggap remeh. Ada yang sudah terlampaui kaya, namun masih enggan menunaikannya karena rasa bahkil dan takut hartanya akan berkurang.

Padahal, di balik syariat zakat terdapat faedah dan hikmah yang begitu besar, yang dapat dirasakan oleh individu maupun masyarakat. Berikut adalah 13 keutamaan menunaikan zakat:

1. Menyempurnakan Keislaman Seorang Hamba

Zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang lima. Apabila seseorang melakukannya, maka keislamannya akan menjadi sempurna. Hal ini tidak diragukan lagi merupakan suatu tujuan atau hikmah yang amat agung dan setiap muslim pasti selalu berusaha agar keislamannya menjadi sempurna.

2. Menunjukkan Kebenaran Iman Seseorang

Sesungguhnya harta adalah sesuatu yang sangat dicintai oleh jiwa. Sesuatu yang dicintai itu tidaklah dikeluarkan kecuali dengan mengharap balasan yang semisal atau bahkan lebih dari yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, zakat disebut juga sedekah (yang berasal dari kata sidik yang berarti benar atau jujur) karena zakat akan menunjukkan benarnya iman muzaki (orang yang mengeluarkan zakat) yang mengharapkan ridha Allah dengan zakatnya tersebut.

3. Membuat Keimanan Seseorang Menjadi Sempurna

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45)

Wahai saudaraku, sebagaimana engkau mencintai jika ada saudaramu meringankan kesusahanmu, begitu juga seharusnya engkau suka untuk meringankan kesusahan saudaramu. Maka, pemberian seperti ini merupakan tanda kesempurnaan iman Anda.

LEAVE A REPLY