Ilustrasi puasa sebagai momen untuk bangkit. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Psikolog Analisa Widyaningrum membagikan empat kiat untuk menjadikan puasa sebagai momen untuk bangkit di tengah pandemi Corona. Beberapa hal di antaranya adalah mengatur asupan nutrisi hingga mengatur rutinitas menjadi hal yang positif. Sehingga, bermanfaat di tengah masa sulit ini.

“Pertama, jagalah asupan nutrisi mulai dari cairan hingga makanan. Meski kita menahan nafsu makan di masa puasa selama 30 hari, kita harus memberikan tubuh kita nutrisi seimbang untuk makanan dan cairan. Kenapa? Karena, itu berpengaruh besar pada otak dan mood,” kata Analisa dalam konferensi pers virtual, dikutip dari Antara, Sabtu (8/5/2021).

Selama menjaga nutrisi dengan seimbang, tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat. Di samping itu juga memicu semangat untuk melakukan kegiatan meski pandemi Corona berlangsung.

Kedua adalah menjaga waktu istirahat yang cukup. Pastikan waktu tidur Anda memenuhi aturan delapan jam untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat.

“Ada fase bernama deep sleep. Di fase itu tubuh kita membuat sistem imun terbaiknya. Dengan meningkatnya imun tubuh, tentu mood ikut membaik,” kata Analisa.

Pendiri Analisa Personality Development Center (APDC) itu kemudian menyebutkan kiat ketiga, yakni menjaga rutinitas olahraga selama berpuasa.

Berolahraga selama puasa masih diperlukan untuk menjaga komposisi tubuh. Waktubberolahraga di masa puasa cukup sekitar 15-20 menit. Dengan berolahraga, proses transportasi oksigen di dalam tubuh dapat bekerja dengan lebih baik sehingga memberikan rasa yang nyaman bagi tubuh.

BACA JUGA  Cerita Umat Muslim di Hong Kong Jalani Ramadan saat Pandemi

LEAVE A REPLY