Ilustrasi Google. (Foto: Indian Express)

ZNEWS.ID JAKARTA – Menjaga keamanan akun di dunia maya kini mutlak dilakukan setiap individu. Di era pandemi saat ini, mau tidak mau, setiap orang perlu terkoneksi ke internet untuk membantu berbagai aktivitas.

“Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi, kata sandi adalah salah satu ancaman terbesar bagi komunitas online. Kata sandi mudah dicuri, sulit untuk diingat dan mengelola sandi itu sangat merepotkan,” kata Direktur Manajemen Produk, Identitas dan Keamanan Pengguna Google, Mark Risher, dalam keterangan pers, dikutip Jumat (7/5/2021).

Banyak pengguna internet yang yakin kata sandi harus rumit dan panjang. Padahal, hal itu meningkatkan risiko keamanan. Kata sandi yang rumit membuat pengguna menggunakannya untuk lebih dari satu akun.

Tahun lalu penelusuran “seberapa kuat sandi saya” naik 300 persen. Google kata sandi terkuat sekali pun masih ada kemungkinan diretas dan digunakan penjahat.

Risher pun membagikan beberapa kiat agar akun Google tetap aman.

Verifikasi Dua Langkah

Alat verifikasi menjadi salah satu cara cara terbaik supaya kata sandi tidak bocor. Dengan bantuan alat verifikasi, akun berusaha memastikan orang yang mencoba masuk adalah pengguna yang sah.

Google meminta pengguna menyalakan verifikasi dua langkah (2-step verification) sebagai metode verifikasi sebelum masuk ke akun. Pengguna akan mendapat notifikasi di ponsel ketika akan masuk ke akun Google.

BACA JUGA  Keamanan dan Integrasi Jadi Kunci Utama Transportasi Umum saat Pandemi

LEAVE A REPLY