Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS/Tasos Katopodis/foc/cfo

ZNEWS.ID, JAKARTA – Dewan pengawas Facebook melanjutkan blokir akun mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Namun pihak Facebook akan mempertimbangkan permintaan dewan pengawas soal periode waktu pemblokiran.

Dalam keterangan resmi, dikutip dari laman The Verge, Kamis (6/5/2021), wakil direktur komunikasi dan urusan global di Facebook, Nick Clegg, menyatakan mereka akan mempertimbangkan keputusan dewan pengawas tersebut dan menetapkan kebijakan mengenakan blokir dalam waktu yang tidak terbatas.

“Untuk saat ini, akun milik Tuan Trump tetap ditangguhkan,” kata Clegg.

Dewan pengawas independen memutuskan akun Trump tetap diblokir, namun, mereka berpendapat Facebook tidak semestinya menerapkan waktu yang tidak terbatas.

Facebook, menurut dewan pengawas, bisa memberikan keputusan apakah akun dipulihkan, ditangguhkan sementara atau dilarang secara permanen, dikutip dari Reuters.

Dewan pengawas memberikan tenggat waktu bagi Facebook dalam enam bulan untuk menetapkan status akun Trump. Keputusan dewan memberikan opsi bagi Trump untuk kembali memiliki akun, namun, keputusan final tetap berada di tangan Facebook.

Dalam keputusan mengenai kasus ini, dewan pengawas Facebook menilai unggahan Trump di jejaring sosial tersebut berkontribusi terhadap kekerasan di Capitol pada 6 Januari lalu.

BACA JUGA  Meski Trump Belum Mengaku Kalah, Biden akan Perkenalkan Para Menterinya Besok

LEAVE A REPLY