Dokumen. Petugas gabungan memeriksa pengendara yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta di kawasan perbatasan Bekasi-Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020).(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menerbitkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sebagai syarat perjalanan selama pelarangan mudik lebaran mulai tanggal 6 hingga 17 Mei mendatang.

“SIKM insyaallah akan keluar, perubahannya sudah saya paraf. Insyaallah nanti SIKM akan segera disampaikan,” kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Selasa.

Lebih lanjut, Riza memastikan pengurusan SIKM ini akan lebih cepat dan mudah, sebab proses administrasi dan verifikasi SIKM tak perlu lagi dilakukan di Pemprov DKI.

“Prinsipnya, ada SIKM mulai tanggal 6 sampai tanggal 17 Mei, kemudian nanti diisi melalui aplikasi yang sudah disiapkan. Kalau dulu melalui provinsi, nanti melalui kelurahan, lebih mudah, lebih cepat, lebih dekat untuk dilakukan verifikasi,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan warga yang hendak ke luar kota harus memiliki SIKM bagi pekerja informal dan masyarakat umum pada masa pelarangan mudik.

“Untuk SIKM hanya berlaku bagi pekerja informal dan masyarakat umum,” kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo saat dihubungi, Jumat (30/4).

Sementara itu, aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta hanya perlu membawa surat dinas dari kantor masing-masing apabila hendak ke luar kota yang sekaligus diakuinya bahwa kebijakan SIKM itu berbeda dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA  Merasa Difitnah, Pemprov DKI Somasi Artis FTV

LEAVE A REPLY