Ilustrasi zakat. (Foto: shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Zakat berasal dari kata ‘zaka’, yang artinya suci, baik, bertumbuh, subur, berkembang, atau bertambah. Zakat memiliki unsur keberkahan karena dapat membersihkan harta dan menyucikan jiwa orang muslim yang menunaikannya.

Bulan Suci Ramadan adalah bulan penuh berkah, di mana setiap umat muslim berkesempatan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Setelah melalui satu bulan dengan berpuasa, dirayakan dengan hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Di Hari Raya Idul Fitri, semua umat muslim kembali ke fitrahnya. Memulai untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sebelum menyambut Hari Raya, umat muslim diwajibkan membayar zakat untuk menyucikan kembali jiwa, kembali ke fitrah.

Selain menyucikan jiwa, zakat fitrah juga bertujuan untuk membantu delapan asnaf mencukupkan pangannya pada saat Hari Raya. Tidak hanya orang-orang yang mampu secara ekonomi, yang dapat merasakan nikmatnya Hari Raya Idul Fitri. Namun, mereka yang kurang mampu juga dapat merasakan berkahnya hari kemenangan.

Syarat Membayar Zakat Fitrah

Sebelum mengetahui cara bayar zakat fitrah, kita perlu memahami terlebih dahulu apa saja syarat untuk menunaikan zakat fitrah. Seseorang yang dapat membayar zakat fitrah adalah mereka yang beragama Islam, merdeka atau tidak dalam perbudakan, balig, dan memiliki kelebihan makanan walau sehari semalam. Apabila kamu telah memiliki tanggungan istri atau anak, maka kamu wajib membayarkan zakat fitrah untuk mereka.

Jumlah Zakat Fitrah yang Dibayarkan

Untuk menunaikan zakat fitrah, dihitung dari makanan pokok sehari-hari yang biasa dimakan oleh muzaki atau pembayar zakat. Makanan pokok yang diberikan harus seperti yang setiap hari dimakan. Misalnya, makanan pokok muzaki adalah beras premium, maka membayar zakat fitrah dengan beras yang sama.

Takaran makanan pokok yang dizakatkan sudah disepakati oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebesar 2,5 kg atau 3,5 liter beras. Cara bayar zakat fitrah juga dapat dikonversikan ke nominal mata uang. Yaitu, seharga dengan harga makanan pokok yang biasa dimakan.

BACA JUGA  DDHK Sediakan Layanan Jemput Zakat Fitrah di Hong Kong

LEAVE A REPLY