Ilustrasi menu sehat buka dan sahur saat Ramadan. (Foto: crossfittype44.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dokter spesialis gizi klinik RSUI, Wahyu Ika Wardhani, memberikan tips untuk Anda agar tetap sehat selama Ramadan di masa pandemi Corona melalui pemilihan menu makanan yang tepat pada saat berbuka dan sahur.

“Untuk makanan sahur, disarankan untuk sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah atau roti gandum. Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat,” ujar Ika dikutip dari Antara, Selasa (13/4/2021)

Ika juga merekomendasikan Anda mengonsumsi lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan, atau telur saat sahur.

Sementara untuk makanan berbuka, dia menyarankan Anda menghindari makan yang terlalu berlebihan. Sebaliknya, nikmatilah makanan secara perlahan. Terkait jenis makanan, sebaiknya hindari gorengan serta batasi gula sederhana.

Contoh makanan berbuka yang baik, misalnya, kurma. Sesuai sunah Nabi Muhammad, para muslim bisa mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka, karena makanan ini salah satunya tergolong sumber serat yang baik.

Anda tak harus mengonsumsi makanan manis seperti jargon yang menyebutkan berbukalah dengan yang manis. Selain itu, jagalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik melalui asupan air putih minimal delapan gelas sehari yang dibagi menjadi dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan dua gelas saat sahur.

Ika juga mengingatkan Anda mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh. Apabila berlebihan, maka berat badan bisa naik berlebih dan menyebabkan penyakit metabolik.

BACA JUGA  Program Traktir Makan Saudaramu Temani Ramadan Warga Terdampak Gempa Malang

LEAVE A REPLY