Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Getty Images)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa tektonik magnitudo 6,0 terjadi di wilayah Laut Sulawesi pada Sabtu pukul 16.30.43 WIB, tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (10/4/2021) menyampaikan bahwa gempa bumi itu memiliki magnitudo 6,0 kemudian diperbarui menjadi magnitudo 6,1.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,22 LU dan 124,72 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 109 km arah Barat Laut Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pada kedalaman 301 km,” paparnya.

Ia menambahkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di wilayah Laut Sulawesi itu merupakan jenis gempa bumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault),” katanya.

Bambang mengemukakan, guncangan gempa bumi itu dirasakan di daerah Talaud dengan skala III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian di Sanana, Tobelo, Ternate, Kao skala II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

BACA JUGA  Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di Beberapa Wilayah Jakarta Kamis Ini

LEAVE A REPLY