Ilustrasi SIM. (Foto: polri.go.id)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pengajuan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baik A atau C kini lebih mudah berkat perkembangan dunia digital. Cukup menggunakan smartphone untuk mengurus keperluan SIM dengan mengunduh aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) mulai 12 April mendatang.

Adanya aplikasi ini, para pemohon tidak perlu datang ke lokasi dan mengantre proses pembuatan SIM seperti sebelumnya. Karena, segala bentuk proses pengujian seperti ujian teori dilakukan secara online dan transparan, terdapat pada aplikasi Sinar tersebut.

Dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, Sabtu (10/4/2021), selain pengujian teori, terdapat uji psikologis yang menggunakan aplikasi E-PPsi, serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Bagi yang mengajukan pembuatan SIM baru, tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan praktik secara langsung di tempat pembuatan SIM. Namun, terlebih dahulu melaksanakan uji teori yang terdapat pada aplikasi Sinar.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti jika ingin melakukan pembuatan SIM secara online:

  1. Download aplikasi.
  2. Verifikasi No. HP (OTP).
  3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie).
  4. Verifikasi NIK dan SIM.
  5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas.
  6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi.
  7. Isi rekening pengembalian (pembatalan).
  8. Pilih metode pengiriman.
  9. Upload pas foto dan tanda tangan.
  10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim.
  11. Cetak SIM.
  12. Pengiriman.
  13. SIM diterima pemohon.

Pembayaran juga dilakukan secara cashless, alias pemohon akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui BANK BRI, baik dengan cara transfer maupun datang langsung ke BANK.

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

BACA JUGA  Korlantas Polri Gelar Tes Swab Antigen saat Ops Lilin 2020

LEAVE A REPLY