Ulos By Athan Siahaan. (Foto: ANTARA/HO/Indonesia Fashion Parade 2021)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ulos khas Batak karya Athan Siahaan tampil menawan dalam gelaran peragaan busana “Indonesia Fashion Parade 2021”. Fashion show ini juga diikuti oleh sejumlah perancang busana yang mengedepankan kain- kain khas Nusantara.

Lewat karya ulosnya, Athan ingin menunjukkan keindahan ulos dari tanah Sumatra Utara yang mempertontonkan keindahan bahan dari alam.

“Keunikan ulos karena dibuat dengan handmade. Produksinya benar benar manual dari bahan-bahan alami, pewarna alami. Namun seiring waktu, saat ini banyak produk dengan benang sintetis dan mesin. Jadi, itu justru bisa membunuh kain ulos tradisional. Hal ini membuat saya lebih tertantang untuk mengangkat keunikan ulos manual,” ujar Athan, dikutip dari Antara, Jumat (9/4/2021).

Kecintaan Athan terhadap ulos ingin ia bagikan kepada generasi-generasi muda. Sehingga, ia menantang dirinya untuk berkarya.

Athan juga berharap agar anak-anak muda di Indonesia dapat menghargai dan menggunakan kain-kain Nusantara seperti ulos sebagai produk kreatif yang mendunia.

“Harapan saya, ulos Batak menjadi potensi kreatif. Bagi anak-anak muda, bisa memanfaatkan potensi bangsa sendiri, misal pun mereka tidak memproduksi, setidaknya bangga dengan produk- produk ulos, mengenakannya dan memakai produk produk dan bahan-bahan tradisional,” ujar Athan.

Produk ulos yang dibuat oleh Athan telah dipasarkan ke kancah internasional seperti Rusia, Italia, Jepang, Bangkok, hingga India.

LEAVE A REPLY