Ilustrasi peran penting ayah dalam mendidik anak. (Foto: wkdq.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Seorang ayah punya peran penting dalam mendidik anak di era pandemi. Sebab, perkembangan kognitif, kompetensi sosial anak-anak sejak dini dipengaruhi hubungan emosional yang diberikan ayah.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Prof Dr Ir Netti Herawati MSi, mengatakan bahwa seorang ayah yang “ada tapi tiada” ketika berada di rumah karena kurang berinteraksi dengan anak, dapat membuat buah hati merasa terlantar.

“Ayah dan ibu berbeda. Konsep diri ayah pada anak tidak bisa digantikan ibu,” kata Netti, dikutip dari Antara, Jumat (9/4/2021).

Dia mengajak para ayah untuk memosisikan diri sebagai “ayah” ketika berada di rumah, berkomitmen untuk mencurahkan perhatian kepada anak. Meski lelah setelah bekerja, posisikan diri sebagai ayah yang siap bermain dan berinteraksi dengan buah hati.

Bukan seorang laki-laki dewasa yang penat gara-gara pekerjaan, kemudian tenggelam dalam dunianya sendiri dan tidak ingin diganggu oleh anak.

“Banyak ayah pulang ke rumah dengan wajah ditekuk dan merasa rumah adalah tempatnya tidak mau diganggu, karena di kantor dia sudah diganggu. Kemudian, dia sibuk sendiri dan lupa konsep diri sebagai ayah,” ujar Netti.

Ketika ayah selesai bekerja, atau baru pulang ke rumah, yang ada di hadapan anak adalah bapak yang siap bermain dengannya. Maka, saat kewajiban kantor sudah rampung, carilah anak dan panggil dengan kata-kata, suara, dan intonasi yang baik serta menyenangkan untuk didengar.

BACA JUGA  Kak Seto: Peran Ayah dalam Mendidik Anak Masih Lemah

LEAVE A REPLY