Burhan, penerima manfaat program Muda Berdaya Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel). (Foto: DD Sulsel)

ZNEWS.ID PINRANG – Saat ini banyak anak muda yang memilih bekerja di perkantoran ataupun terjun di industri digital dan kreatif lainnya. Menjadi pegawai kantoran, vlogger atau streamer dianggap memiliki daya tariknya sendiri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dunia pertanian pun jarang dilirik oleh generasi muda karena sering dianggap tidak merepresentasikan prospek karir yang menjanjikan. Padahal, jika dilihat lebih jauh, pendapatan dari dunia pertanian bisa lebih menjanjikan daripada pekerja kantoran jika memiliki manajemen yang baik.

Sebab, hasil olahan dari pertanian merupakan kebutuhan primer manusia dan selalu dibutuhkan setiap saat. Lahan pertanian bisa menjadi tempat untuk meraih sukses walaupun usia masih muda. Kesuksesan yang diraih pun bisa memberikan manfaat bagi banyak orang terlebih lagi jika mampu memberdayakan masyarakat lokal di daerah mereka.

Burhan bersama enam kawannya kini tergabung sebagai penerima manfaat program Muda Berdaya dari Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel).

Hal inilah kemudian yang menggiring langkah Burhan, pemuda berusia 23 tahun asal Desa Letta, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Dia memilih berkarya di lahan pertanian kopi untuk membuka peluang usaha.

Pemuda yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa semester akhir di Universitas Muhammadiyah Parepare membangun masa depannya dan kampung halamannya di Letta. Di saat anak muda seusianya memilih merantau ke kota untuk mencari penghasilan, Burhan justru tetap memilih tinggal di desa dengan memberdayakan kopi.

Burhan bersama enam kawannya kini tergabung sebagai penerima manfaat program Muda Berdaya dari Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel). (Foto: DD Sulsel)

Burhan bersama enam kawannya kini tergabung sebagai penerima manfaat program Muda Berdaya dari Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel). Sebelumnya, Burhan telah mengelola Letta selama tiga tahun. Baru sejak September 2020, mereka bergabung bersama program Muda Berdaya.

Program Muda Berdaya merupakan program pemberdayaan dengan melibatkan peran anak muda setempat dalam meningkatkan kualitas ekonomi di tempat tinggalnya masing-masing. Pemberdayaan ini juga bertujuan untuk memberi pelatihan dan wawasan mendalam kepada para petani guna menunjang sumber daya yang mandiri.

BACA JUGA  Sepenggal Cerita Penerima Manfaat Bantuan Modal Usaha Dompet Dhuafa

LEAVE A REPLY