Ilustrasi tobat. (Foto: makmalpendidikan.net)

ZNEWS.ID JAKARTA – Hendaklah engkau memelihara perutmu dari memakan makanan yang haram atau yang syubhat. Berusahalah untuk mencari makanan yang halal.

Apabila engkau telah mendapatkan makanan yang halal, hendaklah engkau merasa cukup engan memakannya. Hendaklah engkau berhenti sebelum kenyang.

Karena, perut yang kenyang itu mengeraskan hati dan menumpulkan akal, serta meberatkan anggota badan untuk berbuat ibadah dan mencari ilmu. Perut yang kenyang bahkan akan menguatkan syahwat dan membantu tantara setan.

Kenyang dengan yang halal adalah sebab segala kejahatan. Apalagi, kenyang dengan makanan yang haram.

Oleh karena itu,bmencari makanan yang halal adalah wajib atas setiap orang Islam. Dan, berbuat ibadah atau mencari ilmu dengan memakan makanan yang haram adalah seperti membuat suatu bangunan di atas tumpukan sampah.

Apabila engkau merasa cukup dalam setahun dengan hanya memakai sehelai baju yang kasar dan merasa cukup dalam sehari semalam dengan dua potong roti dari tepung yang kasar, dan engkau mampu meninggalkan kelezatan gulai, maka pasti makanan yang halal itu cukup bagimu.

Harta yang halal itu sebenarnya banyak. Engkau tidak dituntut memeriksa sampai kepada perkara-perkara yang kecil. Bahkan, sudah memadai bagimu bahwa engkau menghindari apa-apa yang telah engkau kenal pasti.

BACA JUGA  Keutamaan Halal dan Tercelanya Haram

LEAVE A REPLY