Ilustrasi belanja online. (Foto: independent.co.uk/iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Perusahaan riset konsumen berbasis neurosains dan kecerdasan artifisial NeuroSensum memprediksi bahwa aktivitas belanja daring saat Ramadan 2021 Indonesia mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu.

“Saat Ramadan, marketplace menjadi salah satu tujuan para konsumen untuk berbelanja kebutuhan mendukung aktivitas selama puasa. Berbagai pelaku usaha telah mempersiapkan stok yang lebih banyak dan manpower untuk menghadapi pesanan yang seringkali membludak,” kata NeuroSensum melalui keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Sejumlah platform marketplace, contohnya seperti Shopee, berupaya menaikkan pesanan dengan sejumlah promo dan gratis ongkos kirim (ongkir).

Menurut NeuroSensum, setidaknya cara ini terbukti efektif meningkatkan order atau volume penjualan usaha dari para pelaku UMKM. Dengan meningkatnya volume penjualan, hal tersebut diharapkan memberi kontribusi positif terhadap perputaran roda ekonomi Indonesia.

Hasil “Neurosensum Ramadan Survey 2021” juga menyebutkan sinyal peningkatan pembelian yang dilakukan oleh konsumen menjelang Ramadan. Aktivitas belanja daring (online) pada Ramadan 2021 akan meningkat menjadi 37 persen dari tahun sebelumnya sebesar 33 persen.

Sebanyak 48 persen memilih belanja kebutuhan sehari-hari secara daring saat Ramadan 2021. Sementara, 33 persen konsumen membeli barang-barang selain barang kebutuhan sehari-hari.

Angka tersebut dipengaruhi oleh kecemasan konsumen untuk berbelanja offline dan memilih untuk tetap di rumah karena pandemi yang belum mereda.

BACA JUGA  Sempurnakan Keberkahan Ramadan dengan Wakaf

LEAVE A REPLY