Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Meta-analisis dari 35 artikel yang diterbitkan Januari 2019 di Journal of Advanced Nursing menunjukkan sebanyak 16 persen orang dewasa mengatakan bahwa mereka menghindari vaksin flu karena takut jarum suntik.

Penelitian sebelumnya menemukan 19 persen orang dewasa bahkan tidak mendapatkan vaksin pneumokokus karena kecemasan ini. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan agar merasa lebih tenang di hadapan jarum suntik?

“Ada sejumlah hal berbeda yang dapat kami lakukan untuk membantu orang yang mengalami kesulitan,” kata Direktur UFHealth Florida Exposure and Anxiety Research (FEAR) Lab di Gainesville, Florida, Joe McNamara seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (8/4/2021)

Pertama, menurut McNamara, Anda perlu menghadapi rasa takut. Ini mungkin bagian paling menakutkan dalam mengatasi ketakutan atau fobia, tetapi ini penting. Apabila Anda tidak melakukan hal yang Anda takuti, Anda akan terus merasa takut.

“Kecemasan yang tidak sehat -dalam hal ini, ketakutan akan suntikan- dipertahankan oleh penghindaran,” kata McNamara.

Membiarkan diri sampai rasa takut mereda pada akhirnya akan memutuskan hubungan dengan rasa takut. McNamara merekomendasikan Anda membuat gambar jarum, melihat gambar itu atau mencari gambar jarum suntik di internet.

Kemudian, membicarakannya dengan seseorang tentang fungsi jarum. Anda juga bisa melihat secara fisik jarum dan menyentuhnya secara aman.

LEAVE A REPLY