Tanaman sayur di Agro Wisata Winong Asri. (Foto: netpitu.com)

ZNEWS.ID TULUNGAGUNG – Dulu, dua tahunan lalu, ide membangun wahana agrowisata edukasi berbasis tanaman sayur-mayur muncul spontan dari kepala desa manakala ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Winong Asri mengeluhkan keterbatasan lahan untuk bercocok tanam.

Demplot pun dibuat di lahan seluas 85 ru atau sekitar 1.200 meter persegi. Desain agrowisata aneka tanaman sayuran dilengkapi pula berbagai sarana bagi pengunjung untuk menikmati paket wisata petik sayur sambil menikmati sajian kuliner khas berbahan pangan organik.

Itu sepenggal cerita ihkwal pengembangan agrowisata rintisan oleh kelompok masyarakat Desa Winong, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Salah satu desa berstatus tanah perdikan (ada empat desa berstatus perdikan di Tulungagung) yang memiliki luas hanya 27 hektare atau sekitar 0,35 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk per akhir Januari 2021 sebanyak 1.137 jiwa atau 344 KK. Wilayah administratif tingkat desa yang sangat kecil dengan jumlah penduduk kecil (sedikit) pula.

Piramida tanaman sayur mayur di Agro Wisata Winong Asri. (Foto: netpitu.com)

Berlokasi di pinggiran Kota Tulungagung, tepatnya sekitar tiga kilometer arah barat daya dari pusat kota, Desa Winong bukan tergolong desa yang masyarakatnya memiliki rata-rata penghasilan (gross domestic bruto/GDB) mapan. Terutama warga yang asli Winong, bukan pendatang.

Kendati sebagian sudah berpendidikan dan menjadi pegawai negeri serta menekuni dunia usaha yang berkembang, tak sedikit yang masih hidup di bawah garis kesejahteraan.

Salah satunya yang ada di lingkungan RT 03 RW 02 Dusun Winong. Berada di jalur gang dengan lebar jalan selebar mobil lebih sedikit, bangunan rumah warga didominasi bangunan tua. Ukurannya juga kecil, lahan pun sempit.

Minimnya lahan membuat warga setempat lebih banyak mengembangkan model tanaman agroponik. Menanam di atas media tanam seperti botol plastik bekas, poly bag dan sejenisnya untuk tempat tumbuh kembang aneka sayur mayur.

BACA JUGA  DDHK Salurkan Santunan ke Cilacap dan Tulungagung

LEAVE A REPLY