Wisata Desa Senaru, Pulau Lombok. (Foto: Instagram.com/@wisatadilombok/@didikhariadi)

ZNEWS.ID MATARAM – Menyebut nama Desa Senaru khusus kalangan pendaki gunung, tentunya sudah tidak asing. Karena, bagi pendaki Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 Meter di atas Permukaan Laut (Mdpl), desa itu menjadi titik perlintasan pendakian.

Desa Senaru ini tepatnya berada di kaki gunung yang dahulunya dikenal dengan nama Gunung Samalas. Bagi kalangan pendaki, jika mereka memulai pendakian dari Sembalun, Lombok Timur bisa turun melalui Desa Senaru, Lombok Utara dengan sebelumnya melewati dahulu Danau Segara Anak.

Sehingga, ada istilah “kurang afdal” jika tidak melewati jalur Sembalun dan turun ke Senaru. Apakah hanya Gunung Rinjani saja yang ada di Desa Senaru itu? Tidak, masih ada objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi di desa pemekaran dari Desa Bayan tersebut.

Yakni, Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, sampai Kampung Adat Bayan. Melihat segudang objek wisata alam itu, tidak mengherankan jika Desa Senaru termasuk dalam “Pengembangan Desa Wisata Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika”.

Wisata Air Terjun Sendang Gile, Desa Senaru, Pulau Lombok. (Foto: Instagram.com/@foodloverdaydreamer)

Sedikit gambaran, Air Terjun Sendang Gile memiliki ketinggian 31 meter. Sumber airnya tentunya berasal dari Gunung Rinjani. Benar-benar menyejukkan mata untuk beristirahat di objek wisata, dimana terdapat “berugak” (Bahasa Sasak) atau bale-bale di areal tersebut.

Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung harus menuruni “seribu” tangga. Lumayan untuk mengeluarkan peluh sekaligus berolahraga. Setelah sampai di dasar lembah, terlihatlah air terjun nan ciamik itu.

Sedangkan, Air Terjun Tiu Kelep lebih eksotik lagi dengan banyaknya air terjun di satu lokasi di antara kerimbunan pepohonan. Nama Tiu Kelep sendiri dalam bahasa Indonesia, yakni, Air Terbang.

BACA JUGA  Jangan lupakan Senggigi, si Cantik Pulau Lombok yang Punya Sejuta Pesona

LEAVE A REPLY