Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, hingga saat ini setahun setelah pandemi, masih ada wilayah tersisa yang tak terjamah virus Corona.

Menurutnya, sampai dengan 28 Februari 2021, ada 3 daerah masih menjadi zona hijau tak terdampak COVID-19, yaitu daerah Puncak, Dogiyai, dan Intan Jaya di Papua.

Sementara itu, delapan daerah lainnya yang masuk zona hijau lantaran tak lagi mencatatkan kasus COVID-19 termasuk Nias Utara dan Nias Selatan.

Selain itu, kondisi yang sama tercatat di Papua ada Merauke, Tolikara, Waropen, Yalimo, dan Pegunungan Arfak, serta di Maluku yakni di Seram bagian Timur.

Kendati demikian, Wiku mengatakan bahwa masih terdapat perbedaan dalam data yang dianalisis karena kinerja sistem pengolahan data di masing-masing daerah berbeda-beda.

Sebelumnya, disebutkan di Papua ada 7 daerah yang tak terdampak COVID-19 sama sekali. Namun, data Kementerian Kesehatan menunjukkan hanya 3 daerah yang tidak terdampak wabah itu.

“Adanya perbedaan data pusat-daerah ini masih coba dievaluasi oleh Kemenkes terkait kinerja sistem pengolahan datanya demi sistem yang lebih interoperabelnya,” ungkapnya.

BACA JUGA  73 Persen Kasus Meninggal karena Covid-19 Dialami Pasien Tanpa Perlindungan Vaksin

LEAVE A REPLY