Ilustrasi: Periksa mata. (Foto: allaboutvision.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Buta adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat apa pun, bahkan cahaya. Mata buta bisa disebabkan oleh faktor genetik alias diturunkan dari orang tua kepada anak, kecelakaan, atau penyakit.

Kondisi ini menimpa sekitar 32 juta jiwa di seluruh dunia, dan satu juta di antaranya berada di Indonesia. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, penyebab utama mata buta adalah infeksi, katarak, glaukoma, cedera, dan ketidakmampuan untuk membeli kacamata.

Selain itu, pasien diabetes juga rentan menjadi tunanetra. Dilansir dari rsmataachmadwardi.co, Sabtu (27/2/2021), berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kebutaan

1. Katarak

Katarak adalah penyakit di mana lensa mata menjadi keruh hingga membuat penglihatan menjadi tidak jelas. Katarak kebanyakan disebabkan oleh proses penuaan. Namun, terkadang ada pula anak-anak yang terlahir dengan katarak.

Selain itu, katarak juga lebih berisiko terjadi akibat cedera mata, peradangan, dan pada penyakit tertentu, misalnya diabetes. Sampai saat ini, belum ada cara ampuh yang terbukti dapat mencegah katarak terjadi.

Mengurangi merokok dan paparan terhadap sinar ultraviolet diduga mampu menunda perkembangan katarak. Penyakit katarak yang belum terlalu parah dapat diatasi dengan meminum obat atau memakai kacamata.

Jika keterbatasan penglihatan sudah semakin parah hingga mengganggu kehidupan sehari-hari, barulah dilakukan operasi katarak.

BACA JUGA  Ini yang Harus Dilakukan jika Mata Terpapar Disinfektan

LEAVE A REPLY