Ilustrasi olahraga. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sehat merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Berbagai cara dilakukan oleh semua orang demi memiliki tubuh yang sehat. Salah satunya dengan berolahraga.

Olahraga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tubuh sehat cenderung memiliki otak yang lebih besar dan ingatan yang baik.

Sehatnya otak ini bahkan dapat memicu pertumbuhan sel baru yang dapat membuat seseorang terhindar dari penyakit alzheimer. Hal ini disampaikan pakar neurologi dari Oxford University, Heidi Johansen-Berg.

Menurutnya, aktivitas fisik dan kognitif otak memengaruhi pertumbuhan otak yang berkaitan dengan usia dan penurunan otak.

“Aktivitas fisiknya juga tidak perlu yang berat karena selain dapat menyehatkan jantung, berolahraga rutin juga sangat baik bagi perkembangan otak. Sudah banyak penelitian yang dilakukan mengenai hal ini,” jelasnya.

Secara ilmu kedokteran, hubungan antara olahraga dan perkembangan otak menunjukkan aliran darah ke otak dan jantung mengalir dengan lancar. Sehingga, pasokan oksigen dan nutrisi penting dapat diterima tubuh agar tetap sehat.

Penelitian terbaru lainnya juga menunjukkan, berlatih jalan cepat dapat membantu meregenerasi sel otak menjadi lebih muda. Selain itu, hal ini juga dapat merangsang sel otak baru yang dapat mencegah dan melawan penyakit alzheimer di kemudian hari.

BACA JUGA  5 Makanan Sehat dan Ideal untuk Buka Puasa

LEAVE A REPLY