Wisata Candi Borobudur. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Candi Borobudur adalah salah satu destinasi super prioritas yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai salah satu langkah untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata domestik yang terpuruk sejak 2020 karena pandemi.

Liburan ke Candi Borobudur biasanya identik dengan mengelilingi kawasan candi yang luas, menjelajahi 72 stupa, menapaki puncak candi untuk melihat pemandangan gunung yang asri serta pepohonan rindang.

Kini, Borobudur menawarkan hal yang lebih, terutama untuk si tukang gowes yang senang bersepeda. Ada beberapa area kunjungan yang ramah sepeda sehingga wisatawan dapat berkeliling di sekitar candi.

Daerah tersebut masih asri sehingga nyaman untuk berkunjung ke berbagai destinasi desa wisata sembari mengayuh pedal sepeda. Berikut beberapa lokasi rekomendasi bagi calon turis yang hendak merencanakan liburan bersepeda ke Candi Borobudur.

Desa Wringin Putih

Berlokasi sekitar 2,3 km dari area Candi Borobodur, Desa Wringin Putih menawarkan pemandangan pedesaan asri dan indah dengan latar belakang persawahan serta lanskap Bukit Menoreh. Daya tarik utama dari desa ini adalah jajaran rumah bambu yang dapat ditemui sembari menyusuri area Wringin Putih sembari bersepeda.

Manfaatkan kesempatan untuk berhenti sejenak agar bisa menikmati kudapan khas bernama getuk, yaitu camilan yang terbuat dari singkong halus bercampur gula, garam, dan kelapa parut.

Desa Wanurejo

Destinasi wajib mampir untuk para generasi gowes kekinian. Desa Wanurejo terletak di kaki pegunungan Menoreh dan diapit antara Sungai Progo dan Sungai Sileng. Pengunjung dapat melihat pemandangan alami yang memukau hati.

BACA JUGA  Ini Cara Aman Bersepeda bagi Penderita Jantung

LEAVE A REPLY