Ilustrasi makanan gizi seimbang. (Foto: go.shaklee.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dokter Spesialis Anak, Kanya Ayu Paramastri dari Universitas Indonesia, mengatakan bahwa orang tua harus lebih hati-hati dalam memerhatikan kondisi keluarga, terutama anak-anak di masa pandemi.

“Cegah sebelum anak sakit. Orang tua bertanggung jawab menjaga kesehatan anak lewat gizi,” katanya dalam diskusi virtual, beberapa waktu lalu.

Kanya menyampaikan, menjaga kesehatan anak terbaik adalah dengan memberikan nutrisi adekuat agar mencapai status gizi yang baik. Sehingga, daya tahan tubuh dapat terpacu secara optimal.

Pandemi Corona, kata Kanya, membuat masyarakat harus lebih memerhatikan urusan kesehatan jiwa raga seluruh anggota keluarga. Khusuanya anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.

Ilustrasi imunisasi. (Foto: Antara)

“Satu lagi yang penting yaitu imunisasi. Jangan sampai karena anak tidak divaksin, begitu pandemi selesai, maka muncul wabah infeksi lain yang seharusnya bisa dicegah oleh imunisasi. Jangan lupa untuk cek rekomendasi vaksinasi anak usia 0-18 tahun yang telah diperbaharui pada 2020 lalu oleh IDAI,” katanya, dikutip dari Antara, Rabu (24/2/2021).

Dia menjelaskan, pada masa awal pandemi, ketika kita harus beraktivitas di rumah saja termasuk bersekolah dan bekerja, jumlah pasien dan kunjungan ke poli anak sangat jauh berkurang.

Di sisi lain, jumlah pasien sehat yang datang untuk diimunisasi jauh meningkat. Kanya mengatakan, orang tua tidak perlu khawatir pergi ke fasilitas kesehatan untuk mengimunisasi anaknya.

BACA JUGA  Luar Biasa, Masyarakat Indonesia Gelontorkan 56 Sapi Kurban untuk Rohingya

LEAVE A REPLY