Dompet Dhuafa menyalurkan bantuan logostik ke Pesantren Darul Amal yang dikabarkan mengalami krisis pangan, Senin (15/2/2021). (Foto: LPM DD)

ZNEWS.ID BOGOR – Minggu (14/2/2021), ada pesan masuk ke nomor hotline layanan masyarakat Dompet Dhuafa. Pesan tersebut mengabarkan bahwa ada pesantren yang mengalami krisis pangan sejak merebaknya pandemi Corona.

Dompet Dhuafa langsung melakukan respons pada Senin (15/2/2021). Membawa bantuan logistik untuk keperluan makan sehari-hari para santri dan pengurus pesantren.

Pondok pesantren (Ponpes) tersebut bernama Darul Amal. Berlokasi di Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Pesantren Darul Amal sudah berdiri sejak 1972. Bermula dari Majelis Taklim hingga berwujud Pesantren.

Ponpes Darul Amal menampung sekitar 130 santri, dengan 27 di antaranya anak yatim. Dari seluruh santri yang ada, mereka tidak dipungut biaya sepeserpun. Termasuk untuk kebutuhan makan, peralatan mandi, alat tulis, serta kitab-kitab yang menjadi pendoman santri untuk belajar.

Para santri ada yang tinggal di luar wilayah Bogor seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Sukabumi. Ketika wabah Corona melanda, para donatur yang biasanya memberikan donasi untuk kebutuhan santri tidak lagi datang ke Ponpes Darul Amal.

Hal itu membuat pihak pondok pesantren kesulitan memenuhi kebutuhan para santri yang menimba ilmu di sana. Pihak ponpes berharap kejadian seperti itu tidak terulang kembali kepada para santri yang menetap di sana.

Ustaz Pandu, Perwakilan Ponpes Darul Amal berharap pandemi Corona segera berakhir. Sehingga,bkeadaan kembali pulih dan para santri bisa belajar dengan tenang tanpa khawatir memikirkan kebutuhan mereka dalam menimba ilmu agama.

“Kami berterima kasih atas amanah dari para dermawan Dompet Dhuafa. Semoga kondisi pandemi segera berakhir dan pulih seperti sediakala,” ujarnya saat menerima donasi. (LPM DD)

Oleh: Tarmizi Akbar

BACA JUGA  Kenali Varian Baru Covid-19 dan Pahami Cara Isolasi Mandiri di Rumah

LEAVE A REPLY