Ilustrasi sit-up. (Foto: amazon.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sebagian orang berpendapat sit-up bisa membantu membakar lemak di perut secara efektif. Namun, menurut health and Nutrition Science Nutrifood, Rendy Dijaya Muliadi, hal itu ternyata hanya mitos.

Menurut dia, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan olahraga dengan menargetkan bagian tubuh tertentu bisa membakar lemak pada bagian tersebut secara khusus.

“Lemak yang terbakar secara keseluruhan. Latihan yang terfokus pada bagian tertentu bermanfaat untuk perkembangan otot bagian tersebut,” kata Rendy dalam sesi Nutriclass via daring, Senin.

Laman Healthline mencatat, latihan secara teratur akan mempercepat metabolisme Anda serta membakar kalori dan lemak. Latihan aerobik (kardio) mungkin juga efektif untuk menargetkan lemak perut visceral (yang terletak di rongga perut di sekitar organ dalam Anda).

Intensitas juga berperan. Latihan intensitas sedang atau tinggi dapat mengurangi massa lemak perut, dibandingkan dengan latihan aerobik intensitas rendah atau latihan kekuatan.

Anda bisa melakukan lakukan kardio intensitas sedang selama 30 menit, lima hari seminggu, atau kardio intensitas tinggi selama 20 menit, tiga hari seminggu.

Anda yang ingin perut six pack tetap bisa melakukan sit-up karena gerakan ini membuat otot tetap kencang dan padat. Sebaiknya, tingkatkan durasi dan intensitas latihan secara bertahap.

BACA JUGA  Belajar Kehidupan dari Maraton

LEAVE A REPLY