Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC DD) Banten bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Chevron Jakarta menyalurkan paket booster nutrisi untuk ibu hamil dan balita di Kota Serang, Banten, Kamis (21/1/2021). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID SERANG – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC DD) Banten bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Chevron Jakarta menyalurkan paket booster nutrisi untuk ibu hamil dan balita di Kota Serang, Banten, Kamis (21/1/2021).

Danan Panggih Wisastra, selaku Project Manager Program LKC DD Banten, menjelaskan bahwa target penerima manfaat pendistribusian ini adalah 105 jiwa yang terdiri ibu hamil dan balita. Paket booster nutrisi tersebut berisi protein hewani, sayur-sayuran, karbohidrat, dan lemak nabati atau bisa disebut juga dengan menu empat bintang.

Pendistribusian akan berlangsung selama tiga hari di dua wilayah. Di RT 02 RW 08, Kampung Ciwaru, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, sebanyak 75 paket nutrisi disalurkan. Kemudian, wilayah ke dua yaitu di Kampung Gowok, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, sebanyak 30 paket nutrisi.

“Ini adalah hari pertama pendistribusian sekaligus launching kegiatan dengan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah acara. Kegiatan launching dihadiri oleh Lurah Cipocok Jaya, Perwakilan Puskesmas Cipocok Jaya dan hadir juga Direktur Laznas Chevron Jakarta melalui zoom meeting,” kata Danan.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC DD) Banten bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Chevron Jakarta menyalurkan paket booster nutrisi untuk ibu hamil dan balita di Kota Serang, Banten, Kamis (21/1/2021). (Foto: Dompet Dhuafa)

Menurutnya, program ini merupakan intervensi lanjutan dari Aksi Peduli Dampak Corona (APDC) yang fokus kepada pemenuhan nutrisi ibu hamil dan balita selama pandemi.

“Kegiatan kali ini mengusung tema Nutrisi Tepat Sejak Dini, Cegah Stunting di Saat Pandemi. Rangkaian kegiatannya diawali dengan launching kemudian dilanjutkan dengan pemberian paket nutrisi. Balita dan ibu hamil yang diberikan paket nutrisi ini akan dipantau status gizinya sampai dengan dua tahun ke depan. Pemeriksaan rutin nanti akan dilakukan seminggu sekali oleh kader dan fasilitator. Kemudian, selama satu bulan sekali akan dicek oleh Meyta yang merupakan ahli gizi dari LKC Banten,” ujar Danan.

BACA JUGA  LKC Papua Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak di Kampung Koya Koso

Sayta Prihatmoko, selaku Direktur Laznas Chevron Jakarta, berharap program ini bisa memicu masyarakat untuk memiliki pola hidup yang sehat.

LEAVE A REPLY