Progres pembangunan kandang DD Farm di Nagari Sirukam Kabupaten Solok, Senin (25/1/2021). (Foto: DD Singgalang)

ZNEWS.ID SOLOK – Dompet Dhuafa Singgalang tengah mempersiapkan sentra DD Farm guna memenuhi ketersediaan stok hewan kurban jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah mendatang. Konsep yang diusung berbasis sentra peternakan modern di Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Sentra ternak sendiri merupakan kawasan peternakan modern yang terintergrasi dan salah satu bentuk implementasi dari dana zakat produktif. Pada 2020 lalu, Dompet Dhuafa berhasil mendistribusikan lebih dari 42 ribu hewan kurban setara domba dan kambing dari program DD Farm ini.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 170 % dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut juga selaras dengan sebaran manfaat kurban yang dirasakan mustahik hingga peternak lokal di berbagai pelosok daerah.

Hadirnya sentra ternak ini, tak lain untuk meningkatkan kualitas kambing sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Konsep peternakan modern yang diusung DD Farm tidak hanya dari segi penjualan, dari mulai pupuk, pakan, hingga tanaman pangan juga di kelola dengan baik.

“Untuk tahap pertama ini kita akan menyiapkan 300 bakalan domba untuk di Sirukam dan 100 ekor di Padang Pariaman. Untuk stok domba di Padang Pariaman, terlebih dahulu akan di karantina proses perawatannya di sentra DD Farm Sirukam,” tutur Hadie Bandarian Syah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang, Senin (25/1/2021).

Hadie menambahkan, kehadiran program DD Farm ini berfungsi untuk memenuhi ketersediaan stok hewan kurban dalam program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa Singgalang.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Luncurkan Sentra Ternak Pengembangan Dana Zakat

LEAVE A REPLY